Sabtu, 10 September 2016

Mengapa Mesin cuci kok Nyetrum kalau Disentuh

Beberapa orang ada yang bertanya tentang Mengapa Mesin cuci kok Nyetrum kalau Disentuh ?? Sebenarnya bukan setrum aliran listrik langsung dari instalasi,tetapi hanya setrum akibat tidak ada grounding pada mesin cucinya.Sebenarnya bukan Konslet (Nyetrum) dari aliran listrik langsung dari instalasi, tetapi bisa konslet karena akibat tidak ada grounding pada mesin cucinya. Sebenarnya konsleting induksi seperti ini tidak berbahaya, karena sentakan arusnya hanya membuat kaget saja.

Salah satu faktor yang membuat arus ini menyentak adalah karena saat tangan kita memasukkan/mengambil pakaian dengan perlahan. Padahal kalau menyentuhnya harus dengan gerakan cepat/gerakan langsung spontan supaya tidakan mengalami sentakan ini. Namun rata-rata dengan adanya hal ini, rata-rata pengguna mesin cuci merasa terkejut dan trauma karena efek nyetrumnya, jadi tidak berani mengambil resiko meski kesetrum arus induksinya kecil.

Penyebab mesin cuci bisa menyetrum karena body mesin cuci tidak dipasang Grounding. Apa sih grounding itu? Grounding adalah pentanahan, maksudnya body mesin cuci harus dihubungkan ke bumi. Tujuannya mengapa body mesin cuci harus dihubungkan ke bumi, agar mesin cuci aman dari kerusakan akibat petir dan membuang tegangan induksi dari dinamo.


Masalahnya,kadang pengguna menggunakan stop kontak fleksibel(kabel rol),yang kebanyakan tidak memperhatikan jalur grounding. Instalasi listrik rumah telah menyediakan jalur ground di instalasinya. Biasanya grounding telah tersedia pada steker yang berisi 3 kabel, Seperti ini :



Lalu bagaimana
 jika steker mesin cuci hanya 2 kabel? Jika mesin cuci menggunakan steker dengan 2 kabel,groundingnya disiapkan pada baut/mur dibelakang mesin bagian bawah. Cara memasang groundingnya,cukup lilitkan ujung kabel ke baut dan dikencangkan,lalu ujung satunya lagi dihubungkan ke grounding instalasi listrik,atau bisa juga ditanam di tanah(ground).


  • Bagaimana cara menanam kabel di tanah?
Pertama siapkan besi panjang +/- 1 meter, lilitkan kabel ground sekeliling besi, lalu tanam kedalam tanah. Tanah yang akan ditanami kabel ini dianjurkan yang dilewati aliran air,seperti saluran pembuangan air kotor. Tujuannya agar pembuangan arus “nakal” dari dinamo dapat terserap sempurna ke dalam bumi. Kalau tidak ada besi,pakai saja paku ukuran 12 cm.
  • Lalu bagaimana kalau mesin cuci berada di lantai atas?
Biasanya penempatan mesin cuci dekat dengan sumber air atau kamar mandi,maka grounding dapat ditanam di lubang pembuangan air. Jika merasa khawatir dengan efek setrum (meski tidak ada,karena tegangan induksi akan langsung menyerap ke bumi),sebaiknya perbaiki instalasi,dengan menambahkan kabel untuk jalur grounding pada stop kontak.

Kalau memasang jalur grounding terlalu ribet,bisa dengan cara lain yaitu menggunakan steker seperti ini :
Dengan menggunakan steker ini,setiap kali akan meletakkan atau mengambil pakaian, matikan saja saklar yang terdapat pada steker,dijamin aman dari “kesetrum”.

Demikian uraian Penyebab Mesin Cuci Konslet dan Cara Mengatasinya, semoga bermanfaat untuk anda. Mungkin dari teman-teman punya penggalaman yang lain dan mempunyai cara yang lain untuk mengatasinya, bisa teman-teman tambahkan melalui kolom komentar di bawah.

Apabila anda masih kesulitan untuk mengatasinya, anda bisa menggunakan jasa dari kami dengan cara menghubungi Contact Service kami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar